√ 25 Model Gagang Pintu Satu Minimalis Modern dan Berkelas

Muhammad Huda December 19, 2021

Jika anda sedang mencari ide model handle pintu satu untuk rumah minimalis maka blog ini merupakan tempat yang pas.

Meskipun sederhana, detail sekecil pegangan pintu harus diperhatikan terutama untuk rumah modern minimalis.

Rumah minimalis lebih mengedepankan pada aspek fungsional dan keindahan. Boleh dibilang tidak hanya memperhatikan space kosong saja melainkan juga pemilihan perabot harus memperhatikan multifungsional.

Nah begitupun dalam memilih gagang pintu, selain cakep anda juga harus mempertimbangkan estetika.

Handle pintu model satu sangat direkomendasikan untuk rumah minimalis karena selain simple, ia pun terbilang lebih fungsional.

Apalagi jika pintu tersebut seringnya dibuka hanya satu bagian saja. Oleh sebab itu, berikut kami bagikan ide model handle pintu satu yang nggak cuman kekinian tapi juga aman untuk hunian.

Model Pegangan Pintu Satu Minimalis Modern Terbaik

Tips Memilih Handle Pintu Sesuai dengan Rumah

Dalam menentukan pilihan gagang pintu mana yang sesuai dengan anda, pastikan anda memperhatikan hal-hal berikut ini. Karena jika salah pilih akibatnya bukan hanya kurang enak dipandang tapi juga kurang berfungsi dengan baik.

Penggunaan di ruangan apa

Apakah gagang pintu tersebut akan digunakan untuk kamar tidur, kamar mandi, atau ruangan utama? Setiap jenis ruangan membutuhkan jenis handle pintu yang berbeda.

Contoh saja di pintu utama maka membutuhkan gagang dengan sistem keamanan terbaik seperti adanya kunci.

Selain itu, juga membutuhkan pemilihan jenis bahan material yang sesuai dengan ruangan. Misalnya jangan sampai memilih bahan besi untuk pintu kamar mandi karena biasanya lebih cepat keropos.

Baca juga: √ 42 Model Pintu Kamar Mandi Minimalis yang Modern Kekinian

Jenis pintu yang dimiliki

Jenis pintu juga harus diperhatikan ketika memilih handlenya. Apakah pintu anda didorong, digeser, atau ditarik. Sebenarnya ini masalah sepele, tapi akan kurang berfungsi apabila anda memilih handle yang kurang tepat.

Pilihlah handle yang bisa digerakan untuk jenis pintu dorong. Sedangkan jenis pintu tarik disarankan untuk memilih gagang yang diam (tidak bisa digerakan).

Begitupun untuk jenis pintu geser sebaiknya memilih pegangan diam dibandingkan handle yang bisa bergerak.

Baca juga: √ 32 Model Teralis Pintu Minimalis Modern 2021 Paling Aman

Bahan pintunya

Tak Cuma ruangan dan jenis pintu saja yang diperhatikan. Ada satu lagi yang tak kalah penting yakni bahan pintunya. Sebenarnya kalian bisa saja menggunakan semua jenis bahan pintu untuk handle pilihan, tetapi agar detail rumah anda semakin menarik dan berkelas sebaiknya perhatikan bahan pintunya.

Untuk pintu kayu disarankan untuk tidak memilih gagang pintu yang terbuat dari kayu. Apalagi untuk pintu utama. Hal ini berkaitan dengan kemanan dari handle tersebut. Pintu kayu bisa menggunakan handle stainless steel, kuningan, atau aluminium karena memiliki ketahan yang lebih bagus.

Baca juga: √ 35 Model Pintu Minimalis Kayu dan Besi Terbaik yang Awet

Warna

Sebenarnya jika anda mengikuti pedoman membangun rumah minimalis maka anda pasti sudah tahu warna dasar apa yang digunakan. Nah coba sesuaikan warna tersebut juga untuk handle dan pintu.

Ada dua pilihan. Anda bisa menyelaraskan warna pintu dan handle atau melakukan penabrakan warna untuk menciptakan kesan tegas. Apapun itu pilihannya yang jelas pastikan dulu kombinasinya sudah tepat.

Bagaimana, tertarik dengan model gagang pintu diatas?

Itulah ulasan singkat seputar model handle pintu minimalis terbaik yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Dari ketiga bahan diatas kesimpulannya saya lebih suka dengan gagang bahan stainless steel. Meski harganya sedikit lebih mahal dibanding besi dan aluminium, tapi keamanan dari bahan ini cukup bagus.

Semoga bermanfaat dan salam calonarsitek.com.

Baca juga: √ 51 Model Handle Pintu Kupu Tarung yang Modern Paling Unik

Muhammad Huda

Done is better than perfect!

Artikel Terkait